Friday 6 December 2013

Secangkir Teh Hangat di Pagi Hari :)

Assalammu'alaikum wr. wb ...

Teman-teman, sudah menjadi hal yang umum bahwa dalam proses pendewasaan, banyak sekali hal-hal tak terduga yang mampu membuat kita panik bahkan depresi terjadi secara tiba-tiba pada setiap orang. Namun, porsi 'cobaan' tersebut tidaklah sama terhadap masing-masing orang begitupun dengan penerimaannya. Saya adalah salah satu orang yang cenderung mudah terjatuh. Bagaimanapun, bagi saya hal ini sangat mempengaruhi kehidupan terutama hal-hal yang menyangkut emosional.

Menurut saya, keadaan yang tidak diharapkan tersebut menjadi momok paling menakutkan yang berdampak pada proses pencapaian tujuan. Sebagai manusia yang telah diberi otak dan dilengkapi dengan akal, saya tidak bisa hanya berdiam diri meratapi sebuah keterpurukan. Namun, seakan tak ada harapan lagi, setiap cara yang saya lakukan untuk mengakhiri keterpurukan ini kerap kali berujung pada kegagalan.
Putus asa. Satu-satunya keadaan yang 'menyelimuti' saya waktu itu.

Namun, keadaan tersebut berubah 180 derajat ketika saya melihat suatu kejadian.
Ia jatuh berkali-kali dan bangkit lagi, jatuh lagi, bangkit lagi. Sesekali ia menangis, namun lihat! tak lama ia tersenyum.
Satu, dua, tiga langkah terlewati, berikutnya empat dan seterusnya. Sepertinya ia sangat bersemangat, seakan tak ingin ada kesempatan yang terlewatkan.
Ia pantang menyerah, meskipun langkahnya belum sempurna. Seakan terdengar jelas di telinga saya bahwa setiap teriakannya bermakna "saya bisa!"

Subhanalloh..
Adalah benar, bahwa kita bisa belajar dari siapa saja tanpa memandang usia. Kali ini seorang bayi yang baru bisa berjalan pun mampu membuat pemikiran saya terbuka seketika.
Dengan memperbaiki niat ditambah dengan memperluas hati dalam penerimaan situasi mengejutkan ini, saya berusaha untuk kembali bangkit dari keterpurukan dan tidak berlama-lama 'mampir' didalamnya. Terpenting adalah mempersiapkan diri untuk hal-hal yang tak terduga berikutnya. Tentu, dengan porsi yang berbeda.

Sekian. Semoga Bermanfaat.
Selamat Pagi.

Assalammu'alaikum wr. wb

No comments:

Post a Comment