Sunday 1 December 2013

KRAM MENSTRUASI: Seduhan Teh dengan Jahe dan Madu

Assalammu'alaikum wr.wb ...

Sebagian besar wanita yang sudah mengalami menstruasi merasakan sakitnya kram menstruasi. Kalo di kesehatan sih ini disebutnya dysmenorrhea, yaitu suatu keadaan sakit perut yang hebat saat menstruasi akibat kontraksi rahim. Saya pernah bahkan sering merasakannya beberapa tahun yang lalu.

Namun, dengan modal 'sekedar tau' bahwa jahe itu dapat menghangatkan tubuh dan madu itu telah digunakan sebagai obat bertahun-tahun yang lalu saya mencoba membuat seduhan dari bahan-bahan tersebut. Saya rebus 2 gelas air teh dengan mencampurkan sekitar 4cm jahe (diparut) dan 4 sdm madu. Setelah mendidih, saring.

Hasilnya? Saya suka :)
Alhamdulillah, beberapa saat kemudian perutku mulai hangat, pegal-pegal serta sakit kepala pun perlahan hilang.
Ternyata, Teh, Jahe serta Madu banyak manfaatnya loh. Yuk kita lihat penjelasan berikut ini ...

Teh. Teman-teman tentu mengenal minuman yang satu ini. Selain rasanya yang enak, teh juga mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah teh mengandung katekin dan flavanol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Selain itu teh juga dapat melancarkan sirkulasi darah. Namun, untuk mengkonsumsi teh disarankan tidak lebih dari 750mg/hari atau setara dengan 1000ml per hari.
Madu. Sejak jaman dahulu madu telah dikenal kaya akan manfaat. Madu merupakan sumber energi yang baik karena terdiri dari fruktosa dan glukosa yang mudah diubah menjadi energi oleh tubuh. Sifat antimikroba madu juga penting loh pada saat menstruasi, karena membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab infeksi.
Jahe. Berdasarkan penelitian, jahe dapat menghentikan prostaglandin yang menyebabkan rasa sakit, sehingga dapat membantu meredakan sakit kepala dan kram saat menstruasi. Jahe juga memberikan efek hangat sehingga tubuh menjadi rileks. Selain itu, jahe juga dapat menstimulus pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah sehingga darah mengalir lebih lancar dan cepat.

Selain bahan-bahan diatas, bisa ditambahkan juga dengan bahan-bahan alami lainnya misalnya perasan air jeruk lemon.

Sekian, Semoga Bermanfaat :)
Selamat Mencoba

Assalammu'alaikum wr.wb ...

No comments:

Post a Comment