Tuesday 10 December 2013

Ibu F : Selama Hamil, Saya Sering Minum Es. Saya Takut Bayi Saya Besar..

Assalammu'alaikum wr. wb.

Pada dasarnya, es sering kita tambahkan pada minuman guna untuk menambah kesegaran.

Mengkonsumsi es sebenarnya tidak apa-apa. Namun, mengkonsumsi es biasanya diikuti oleh minuman yang mengandung gula tambahan. Perlu disadari bahwa mengkonsumsi minuman manis secara berlebihan berpotensi dalam peningkatan kadar gula dalam darah. Jika hal ini berlangsung secara terus menerus maka kadar gula dalam darah menjadi berlebih. Keadaan seperti ini merupakan keadaan yang tidak normal, dan keadaan inilah yang berpotensi mempunyai risiko lahirnya bayi besar (sampai lebih dari 4500gr).

Dengan demikian, sering mengkonsumsi es tidak berhubungan dengan bayi besar, terkecuali jika dikonsumsi dengan minuman yang banyak mengandung gula tambahan. Hal yang terbaik adalah perlunya membatasi konsumsi minuman manis berlebihan untuk membantu mempertahankan kadar gula dalam darah.

Agar tidak mudah haus, biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari. Makanlah secara teratur dengan jarak kurang dari 3 jam. Jika merasa lapar, kudaplah makanan sehat (buah-buahan) sebagai 'cemilan' diantara waktu makan.
Dengan demikian, rasa ingin mengkonsumsi minuman manis dapat dibatasi.

Sekian, Semoga Bermanfaat..
Assalammu'alaikum wr. wb.

No comments:

Post a Comment